PENGARUH PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 4 PURWOREJO

Zumrotus Sholikhah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan  signifikan antara pemilihan media pembelajaran dan motivasi belajar baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 4 Purworejo yang berjumlah 90 siswa. Sampel yang diambil berdasarkan tabel krejcie penelitian ini berjumlah 72 siswa, metode pengumpulan data menggunakan analisis  dokumen, dan analisis angket. Analisis data menggunakan korelasi parsial dan korelasi ganda. Hasil analisis data kuantitatif disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemilihan media pembelajaran dengan prestasi belajar sebesar 13,80% (r(x1y= 0,372, thitung = 3,331, sig ≤ 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi  belajar terhadap prestasi belajar sebesar 30,80% (rx2y= 0,555, thitung= 5,548, sig ≤ 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pemilihan media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi, belajar (R) sebesar 0,698 (F= 32,793 ; sig ≤ 0,05), dan (R2) sebesar 0,487 yang berarti bahwa pengaruh pemilihan media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa sebesar 48,70% dan sisanya 51,30% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.

Kata kunci: Pemilihan Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, dan Prestasi Belajar.

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: