ANALISIS MOTIVASI DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA SMA N 1 SAPURAN KABUPATEN WONOSOBO TERHADAP INTENSITAS KUNJUNGAN PERPUSTAKAAN

Taufik Hidayanto

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan lingkungan belajar baik secara individual maupun secara simultan siswa SMA Negeri 1 Sapuran Kabupaten Wonosobo terhadap intensitas kunjungan perpustakaan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.Hasil analisis deskriptif menunjukkan variabel motivasi belajar tergolong cukup (39,09%), variabel lingkungan belajar tergolong baik (39,09%), variabel intensitas kunjungan perpustakaan tergolong kurang (55,45%). Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap intensitas kunjungan perpustakaan (r = 0,311, thitung = 3,391, sig 0,001) dengan r2 = 0,096 sumbangan 9,6%. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap intensitas kunjungan perpustakaan (r = 0,251, thitung = 2,679, sig = 0,009) dengan r2 = 0,063 sumbangan 6,3%. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan lingkungan belajar secara simultan terhadap intensitas kunjungan perpustakaan (R = 0,386, Fhitung = 9,361, sig = 0,000) dengan R2 = 0,149 sumbangan 14,9% dan 85,1% dipengaruhi faktor lain.

Kata Kunci : Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar dan Intensitas Kunjungan Perpustakaan.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: