PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK MUHAMMADIYAH SALAMAN KABUPATEN MAGELANG

Desy Oxa Putri

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara media pembelajaran dan motivasi belajar baik secara individual maupun secara simultan terhadap prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah Salaman Kabupaten Magelang. Populasi penelitian berjumlah 66 siswa, penentuan sampel berpedoman pada tabel Isaac dan Michael. Dengan taraf kesalahan 5% diambil sampel 55 siswa. Pengambilan sampel secara simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan angket, analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan media pembelajaran pada kategori baik (55%), motivasi belajar pada kategori tinggi (49%), dan prestasi belajar siswa pada kategori baik (78%). Hasil analisis kuantitatif menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara media pembelajaran terhadap prestasi belajar sebesar (r=0,524,t=4,436;sig≤0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar (r=0,381,t=2,970,sig≤0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara media pembelajaran dan motivasi belajar secara simultan terhadap prestasi belajar sebesar (R=0,847,F=66,226,sig≤0,05). Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: