PENGARUH KINERJA GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK N 7 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara kinerja guru dan motivasi belajar baik secara sendiri-sendiri ataupun bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SMK N 7 Purworejo. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kolerasi berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa SMK N 7 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 tergolong dalam kategori baik (68,30%), kategori cukup (31,70%). Hasil analisis kuantitatif meliputi : (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa SMK N 7 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 (r = 0,280, thitung = 3,195, dengan sig < 0,05 dan r2 = 0,0784). (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa SMK N 7 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 (r = 0,650, thitung = 3,285, dengan sig < 0,05 dan r2 = 0,4225). (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kinerja guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa SMK N 7 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016 (R = 8,213, Fhitung = 0,118 dengan sig < 0,05 dan R2 = 0,118).
Kata Kunci : Kinerja Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract: