PENGARUH PERHATIAN DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN EKONOMI

Muhammad Hafiz Anshori

Abstract


ABSTRAK

Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan antara perhatian dan tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran ekonomi. Populasi penelitian ini siswa kelas XI Pemasaran SMK Batik Perbaik Purworejo berjumlah 70 siswa, sampel yang diambil 58 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik rendom sampling dengan taraf kesalahan 5%. Pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan analisis diskriptif secara umum diketahui bahwa motivasi belajar siswa termasuk kategori tinggi sebesar 75,8%, perhatian orang tua 48,3%, sedangkan tingkat pendidikan orang tua 69%. Berdasarkan analisis kuantitatif variabel perhatian dan tingkat pendidikan orang tua mempengaruhi motivasi belajar secara positif dan signifikan. Koefesien regresi ganda Y = 17,184 + 0,265x1+ 0,226x2 uji thitung sebesar 2,166  dengan sig =< 0,05 ,uji F sebesar 9,108 dengan sig =< 0,05 dan koefesien determinasi 0,499 sehingga perhatian dan tingkat pendidikan orang tua memberi pengaruh terhadap motivasi belajar 24,90%.

Kata Kunci: Motivasi, Perhatian, Pendidikan Orang Tua


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: