PENGARUH PENDEKATAN PAIKEM (PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA/ SISWI KELAS XI JURUSAN AKUNTANSI SMK MUKTI KARYA KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Sunarti Sunarti, A. Md

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : apakah terdapat pengaruh positif signifikan antara pendekatan PAIKEM (Pembelajaran Aktif, inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) terhadap hasil belajar siswa/siswi kelas XI jurusan Akuntansi SMK Mukti Karya Kebumen tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan menggunakan instrument questionar dan Teknik analisis data menggunakan pearson product moment. Dari hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh positif signifikan antara pendekatan PAKEM terhadap hasil belajar siswa/ siswi kelas XI jurusan Akuntansi SMK Mukti Karya Kebumen dengan r sebesar 0,710, terletak diantara 0,600 – 0, 799 dan tingkat signifikansinya 0,049 ≤ 0,05. Besar sumbangan yang diberikan pendekatan PAIKEM terhadap hasil belajar adalah 75 % sedangkan 25% merupakan sumbangan factor yang lain.

Kata Kunci: PAIKEM, Hasil Belajar, Kuantitatif


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: