PENGARUH LOKASI, HARGA, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA TB. SUGENG KARYA KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG

Rosnawati Rosnawati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara lokasi, harga, dan kualitas layanan secara bersama-sama terhadap loyalitas konsumen pada TB. Sugeng Karya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen TB. Sugeng Karya. Penentuan jumlah sampel menggunakan teori dari Roscoe tentang ukuran sampel untuk penelitian, diperoleh sampel 50 konsumen. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif variabel lokasi kategori baik dengan presentase sebesar 48%, sedangkan untuk variabel harga kategori kompetitif dengan presentase sebesar 38%, variabel kualitas layanan kategori baik dengan presentase sebesar 40% dan variabel loyalitas konsumen kategori loyal dengan presentase sebesar 36%. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa (1) variabel lokasi  memberikan pengaruh yang positif dan dan signifikan terhadap loyalitas konsumen sebesar 14,89%. (2) variabel harga memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen sebesar 79,38%. (3) variabel kualitas layanan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen sebesar 9,67%. (4) Hasil uji F, dapat diketahui (Fhitung = 99,528; sig ≤ 0,05 maka signifikan). (5) Hasil analisis koefisien korelasi ganda (Adjusted R Square = 0,858; sig ≤ 0,05). Pengaruh semua variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 85,80% sedangkan 14,20% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Kata kunci : lokasi, harga,kualitas layanan, loyalitas konsumen

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: