PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA, MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NEGERI 1 BINANGUN CILACAP

Fatchur Rochman Baedowi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perhatian orang tua,motivasi belajar dan lingkungan sekolah secara sendiri-sendiri dan bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 binangun Cilacap. Populasi sebanyak 3 kelas dengan jumlah 100 siswa, penentuan sampel dengan taraf 5% sebanyak 80 siswa. pengambilan sampel secara claster random sampling. Pengumpulan data dengan analisis dokumen dan angket yang sudah diuji cobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Hasil analisis deskriptif menunjukan variabel perhatian orang tua pada kategori sangat baik (47,50%),variabel motivasi belajar pada kategori cukup (50%), dan variabel lingkungan sekolah pada kategori sangat baik (50%). Hasil analisis kuantitatif menunjukan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar (rX1Y = 0,505,t = 5,104,sig 0,000). Ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar (rX2Y = 0,354,t = 3,296,sig 0,001). Ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar (rX3Y = 0,245,t = 0,245,t = 2,205,sig = 0,003). Ada hasil korelasi ganda dan koefisien korelasi (R = 0,900,F = 108,146,sig 0,000).

 

Kata Kunci : Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar Dan Lingkungan Sekolah.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: