PENERAPAN METODE THE SIX THINKING HATS (ENAM TOPI BERPIKIR) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA N 5 PURWOREJO.

Putri Dita Amalia Suryani

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS 1 SMA N 5 Purworejotahun pelajaran 2015/2016 dengan menggunakan metode The Six Thinking Hats (Enam Topi Berpikir). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMA N 5 Purworejo yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu analisis dokumen, tes, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus penilaian dengan persen dan rumus rerata. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa metode The Six Thinking Hats dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari rerata nilai pra siklus nilai siswa adalah 61,59, pada tindakan siklus I setelah penggunaan pembelajaran The Six Thinking Hats terjadi peningkatan rata-rata nilai siswa menjadi 76,13 dan pada tindakan siklus II menjadi 85,97. Selain itu ada peningkatan ketuntasan belajar siswa pada tindakan pra siklus sebesar 0%. Pada tindakan siklus I terjadi peningkatan menjadi 70% dan pada tindakan siklus II menjadi 97%.

Kata-kata kunci: metode The Six Thinking Hats (Enam Topi Berpikir), kreativitas, hasil belajar.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: