PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK BATIK SAKTI 2 KEBUMEN
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi di kelas XI Akuntansi B SMK Batik Sakti 2 Kebumen tahun pelajaran 2016/2017 semester 2 dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievenment Division. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 (dua) siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi B SMK Batik Sakti 2 Kebumen yang berjumlah 27 siswa. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode tes dan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil tes menunjukkan bahwa presentase siswa yang mencapai nilai KKM (76) mengalami peningkatan yaitu dari 33,33% pada Pra Siklus menjadi 62,96% pada Siklus I dan 92,59% pada Siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi B SMK Batik Sakti 2 Kebumen tahun pelajaran 2016/2017 semester 2.
Kata Kunci : Pembelajaran STAD, Hasil BelajarFull Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract: