UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PURWOREJO.

Sugiyanti Sugiyanti

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X 3 SMA Muhammadiyah Purworejo tahun 2015/2016 semester 2 dengan menggunakan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X 3 SMA Muhammadiyah Purworejo yang jumlah siswanya 28.  Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah analisis dokumen, tes, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan rumus penilaian dengan persen dan rumus rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model NHT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai UTS tindakan pra siklus rata-rata nilai siswa adalah 67,14, pada tindakan siklus I setelah penggunaan pembelajaran kooperatif model NHT terjadi peningkatan rata-rata nilai siswa menjadi 69,64 dan pada tindakan siklus II menjadi 80,94. Selain itu ada peningkatan ketuntasan belajar siswa pada tindakan pra siklus sebesar 25%. Pada tindakan siklus I terjadi peningkatan ketuntasan belajar menjadi 54,14% dan pada tindakan siklus II menjadi 75%.

Kata-kata kunci : model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), prestasi belajar.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: