PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA INTERNET DAN ELEKTRONIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 PURWOREJO

Amaliana Fatma

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara intensitas penggunaan media internet dan media elektronik baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Purworejo. Populasi 62 siswa dalam penelitian inii dengan sampel 25 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis dokumen dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan penggunaan media internet berada pada kategori tinggi 64%, penggunaan media elektronik pada kategori sangat tinggi 72%, sedangkan untuk prestasi belajar pada kategori baik 88%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan media internet dengan prestasi belajar sebesar 34,20% (rhitung = 0,585, t = 3.380,sig < 0,05), dan r2 = 0,342. Ada pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan media elektronik terhadap prestasi belajar sebesar 32,20% (r2xy = 0,568, thitung = 3,235, sig < 0,05, dan r2 = 0,322). Ada pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan media internet dan penggunaan media elektronik secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa sebesar 44,30% dengan ((R) = 0,666, Fhitung sebesar 8,757, sig < 0,05; dan (R2) = 0,443), dan sisanya 55,70% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci: Penggunaan Media Internet, Penggunaan Media Elektronik, Prestasi Belajar.

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: