https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ https://bappeda.langsakota.go.id/slot-terbaik/ https://mediasumbar.everettsonthego.com/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
ANALISIS KREATIVITAS, PRESTASI BELAJAR SISWA SMK TKM TEKNIK TAMAN SISWA PURWOREJO DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA | Febriyana | OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi

ANALISIS KREATIVITAS, PRESTASI BELAJAR SISWA SMK TKM TEKNIK TAMAN SISWA PURWOREJO DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA

Embun Febriyana

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas terhadap minat berwirausaha pada siswa SMK TKM Purworejo (2) apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara prestasi belajar terhadap minat berwirausaha pada siswa SMK TKM Purworejo. (3) apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas dan prestasi belajar secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha pada siswa SMK TKM Purworejo. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5%. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analaisis kuantitaif. analisis deskriptif menunjukan bahwa kreativitas berada pada kategori cukup 43%, sedangkan untuk prestasi belajar tergolong baik sekali 31%, sedangkan untuk minat berwirausaha pada kategori tinggi 38%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas dengan minat berwirausaha sebesar 3,57% (rhitung = 0,189 ; t = 2,562; sig < 0,05) dan r2 sebesar 0,35. Ada pengaruh positif dan signifikan antara prestasi belajar terhadap minat berwirausaha sebesar 45% (r2xy = 0,671 ;thitung 6,866; sig < 0,05) dan r2 sebesar 0,45. Ada pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas dan prestasi belajar secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha sebesar 45,60% dengan (R) = 0,674; Fhitung sebesar 50,876; sig 0,000 < 0,05; dan (R2) = 0,456 dan sisanya 54,40% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.

Kata Kunci : kreativitas, prestasi belajar, minat berwirausaha

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: