PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PERILAKU KONSUMEN TERHADAP VOLUME TINGKAT KONSUMSI KOPI DI KEBUMEN.

Rian Ayuni

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh faktor-faktor perilaku konsumen terhadap volume tingkat konsumsi kopi di Kebumen. Subyek dalam penelitian ini masyarakat desa Argopeni, Roworejo dan Panjer jumlahnya 78 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah metode angket, dokumentasi dan interview. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kebudayaan pada kategori cukup 85,89%, sosial pada kategori kurang 78,20%, pribadi pada kategori kurang 51,28%, psikologi pada kategori kurang 52,56%, dan volume tingkat konsumsi pada kategori cukup 75,64%. Berdasarkan analisis kuantitatif disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kebudayaan dengan volume tingkat konsumsi kopi 30,36% (rx1y= 0,551; thitung 5,635; sig  0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara sosial dengan volume tingkat konsumsi kopi 11,22% (rx2y= 0,335; thitung 3,040; sig  0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pribadi dengan volume tingkat konsumsi kopi 13,91% (rx3y= 0,373; thitung 3,430; sig  0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara psikologi dengan volume tingkat konsumsi kopi 06,05% (rx4y= 0,246; thitung 2,171; sig  0,05).

Kata Kunci : kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologis.

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: