PENGARUH ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SARI ROTI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Tri Cahyanti

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara: (1)merek, (2)kualitas produk, (3)kemasan, (4)label terhadap keputusan pembelian baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Populasi penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan ekonomi yang pernah membeli produk sari roti disekitar kampus Universitas Muhammadiyah Purworejo. Sampel sebanyak 100 responden. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: merek kategori tinggi (62%), kualitas produk kategori tinggi (66%), kemasan kategori tinggi (61%), label kategori tinggi (64%), dan keputusan pembelian kategori tinggi (62%). Berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa: (1)merek memberikan pengaruh sebesar 9,54% (rx1y =0,309; t =3,168; sig < 0,05), (2)kualitas produk memberikan pengaruh sebesar 15,92% (rx2y =0,399; t =4,247; sig < 0,05), (3)kemasan memberikan pengaruh sebesar 5,85% (rx3y =0,242; t =2,430; sig< 0,05), (4)label memberikan pengaruh sebesar 48,58% (rx4y =0,697; t =9,477; sig< 0,05) terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F mengungkapkan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama-sama dari atribut produk meliputi merek, kualitas produk, kemasan dan label sebesar 77,10% (R =0,878, Fhitung =80,177 ; sig < 0,05) terhadap keputusan pembelian, sisanya 22,90% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti.

Kata kunci : atribut produk, keputusan pembelian


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: