PENGARUH PRAKTIK DIRECT SELLING DAN PRAKTIK KOPERASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA TN SMK N 1 AMBAL
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara praktik direct selling dan praktik koperasi secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha siswa TN SMK N 1 Ambal. Populasi 108 siswa diambil sampel 84 siswa dengan taraf kesalahan 5%, menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa praktik direct selling yaitu baik sebesar 61,90%, praktik koperasi yaitu cukup sebesar 51,19%, dan minat berwirausaha yaitu baik sebesar 53,30%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa (1) Praktik direct selling memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa TN SMK N 1 Ambal dengan thitung = 2,812; r = 0,526 sig. ≤0,05. (2) Praktik koperasi memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa TN SMK N 1 Ambal dengan thitung= 2,017; r = 0, 494 sig. ≤ 0,005. (3)Praktik direct selling dan praktik koperasi secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa TN SMK N 1 Ambal sebesar 31,10% ( Fhitung= 18,303; sig. 0,000 ≤ 0,05)dan sisanya 68,90% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y = 37,273 + 0,312 X1 + 0,203 X2 dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.
Kata kunci : Direct Selling, Koperasi, dan Minat BerwirausahaFull Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract: