PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, SEKOLAH DAN MASYARAKAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH KERTEK WONOSOBO

Mita Restiana

Abstract


ABSTRAK

Mita Restiana. Kontribusi Lingkungan Dalam Menghasilkan Prestasi Belajar Siswa SMP Muhammadiyah Kertek Wonosobo. Skripsi. Purworejo. Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah Kertek Wonosobo; (2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah Kertek Wonosobo; (3) pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah Kertek Wonosobo; (4) pengaruh lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah Kertek Wonosobo; (5) besarnya pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah Kertek Wonosobo; (6) elemen lingkungan yang paling dominan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah Kertek Wonosobo.

Populasi dalam penelitian ini sebesar 70 siswa, dengan menggunakan tabel Krecjie maka sampel yang diambil sebanyak 58 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner (angket). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptip dan analisis kuantitatif (regresi linear berganda).

Berdasarkan hasil analisis kuantitatif, (1) Lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah Kertek Wonosobo; (2) Lingkungan keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah Kertek Wonosobo; (3) Lingkungan sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah Kertek Wonosobo; (4) Lingkungan masyarakat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah Kertek Wonosobo; (5) Besarnya pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah Kertek Wonosobo adalah 93,1%; (6) Elemen lingkungan yang paling dominan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMP Muhammadiyah Kertek Wonosobo adalah lingkungan sekolah.

Kata kunci : lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: