PENGARUH PERILAKU KEWIRAUSAHAAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP OMSET PENJUALAN PEDAGANG KAKI LIMA DI ALUN-ALUN PURWOREJO KABUPATEN PURWOREJO

Erik Dwi Prakoso

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui ada tidaknyapengaruh perilaku wirausaha terhadap omset penjualan Pedagang Kaki Lima di Alun – Alun Purworejo,  pengaruh perilaku wirausaha dan kualitas produk secara bersama – sama terhadap omset penjualan Pedagang Kaki Lima di Alun – Alun purworejo. Pengambilan sampel dengan cara Sampel Kuota atau Quota Sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan korelasi produk moment . Analisis Deskriptif menunjukkan bahwa, perilaku wirausaha berada pada kategori baik sebesar 70%, kualitas produk berada pada kategori baik sebesar 66,67%, dan omset penjualan berada pada kategori tinggi sebesar 76,67%. Berdasarkan Analisis Kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara perilaku wirausaha terhadap omset penjualan sebesar 50,12% (r = 0,708; thitung= 5,212; ; sig.= 0,000 < 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap omset penjualan sebesar 37,33 % ( r= 0,611; thitung= 4,009; sig.= 0,000 < 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan secara bersama – sama terhadap omset penjualan sebesar 98,00% dan 2,00 % dipengaruhi oleh faktor lain ( R = 0,990;  ; F hitung = 677, 652; sig.0,000 < 0,05). Dengan demikian hipotesis dapat diterima.

 

Kata kunci : perilaku wirausaha, kualitas produk, omset penjualan

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: