PENGARUH LINGKUNGAN DAN MINAT MENJADI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Rita Widiyana

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan dan minat menjadi guru terhadap prestasi belajar mahasiswa baik secara sendiri maupun bersama-sama pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi UMP. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michail dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 50 mahasiswa diambil sampel 44 mahasiswa dengan menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Hasil deskriptif menunjukan, lingkungan berada pada kategori sangat tinggi (52,27%), minat menjadi guru pada kategori tinggi (54,55%), dan untuk prestasi belajar berada pada kategori sangat memuaskan (63,63%). Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa; ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan dengan prestasi belajar; (r =0,299; thitung=2,010; sig<0,05); ada pengaruh positif dan signifikan antara minat menjadi guru dengan prestasi belajar; (r=0,324; thitung=2,190; sig<0,05);  ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan dan minat menjadi guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sebesar 21,50%; (Fhitung=5,625; sig<0,05).

Kata kunci: Lingkungan, minat menjadi guru, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: