PENGARUH PENDIDIKAN LIFE SKILLS DAN INTELEGENSI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 23 PURWOREJO

Beti Kurniawati

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui ada tidaknya pengaruh pendidikan life skills terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 Purworejo, mengetahui ada tidaknya pengaruh intelegensi terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 Purworejo, mengetahui ada tidaknya pengaruh pendidikan life skills dan intelegensi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 23 Purworejo. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan analisis dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif korelasi product moment. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukan bahwa pendidikan life skills berada pada kategori tinggi sebesar 50,09%, intelegensi berada pada kategori tinggi sebesar 68,18%, dan prestasi belajar siswa pada kategori baik sebesar  82,72%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan life skills terhadap prestasi belajar siswa sebesar 16,48% (r=0,406 ;  thitung = 4, 594 ; sig 0,000< 0.05 ). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara ntelegensi terhadap prestasi belajar siswa sebesar 14,98% (=0,387 ; thitung = 4,339 ; sig 0,000< 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pendidikan life skills dan intelegensi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa sebesar 29,9% dan 70,1% dipengaruhi oleh faktor lain (R=0,547 ; Fhitung =22,873 ; sig 0,000 < 0,05). Dengan demikian hipotesis dapat diterima.

Kata Kunci : Pendidikan Life Skills, Intelegensi dan Prestasi Belajar Siswa


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: