PERUBAHAN POLA PERILAKU BELANJA MAHASISWA TERHADAP BUTIK ONLINE DALAM FACEBOOK PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan perubahan perilaku belanja dan bagaimana perilaku belanja mahasiswa program studi pendidikan ekonomi UMP sebelum dan sesudah adanya butik online serta dampak yang ditimbulkan dari perubahan perilaku belanja. Data diperoleh melalui sumber data primer yaitu mahasiswa program studi pendidikan ekonomi UMP yang menggunakan jasa butik online, sedangkan untuk data sekunder berasal dari buku, majalah, koran dan lain sebagainya. Teknik pengumpulan data menggunakn observasi, wawancara validitas data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan model analisis Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa perubahan pola perilaku belanja mahasiswa adalah faktor intern meliputi kebutuhan, pakaian sebagai penunjang penampilan, pengetahuan pengenai fashion dan waktu, sedangkan faktor ekstern adalah trend, ekonomi, teman, tempat dan situasi. Perilaku sebelum adanya butik online dalam facebook biasanya mahasiswa bebelanja di butik, mall ataupun pasar. Setelah adanya butik online dalam facebook perilaku belanja mahasiswa berubah memakai butik online sebagai media berbelanja dan mahasiswa menjadi malas pergi. Dampak negative perubahan pola perilaku belanja mahasiswa terhadap butik online dalam facebook adalah perilaku menjadi konsumtif. Sedangkan dampak positifnya adalah memudahkan mahasiswa dalam berbelanja karena barang yang ditawarkan dapat dilihat langsung melalui laptop maupun komputer.
Kata kunci: butik online, facebook, mahasiswa.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract: