PENGARUH INTERAKSI SOSIAL, MOTIVASI DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK YPE KROYA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Fitroh Retno Asih

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara interaksi sosial terhadap hasil belajar siswa di SMK YPE Kroya Kabupaten Cilacap. (2) Ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi terhadap hasil belajar siswa di SMK YPE Kroya kabupaten Cilacap. (3) Ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa di SMK YPE Kroya Kabupaten Cilacap. (4) Ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara interaksi sosial, motivasi dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa di SMK YPE Kroya Kabupaten Cilacap. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 290 siswa diambil sampel 158 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumen dan metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Sedangkan analisisnya menggunakan bantuan komputer program SPSS for Windows 16.0.Berdasarkanhasil analisisdeskriptifvariabel interaksi sosial di SMK YPE Kroya Kabupaten Cilacap berada pada kategori tinggi dengan presentase sebesar 72,15%, variabel motivasi belajar berada pada kategoritinggidenganpresentase sebesar 53,80%, variabel kebiasaan belajar berada pada kategori tinggi dengan presentase sebesar 61,39%dan variabelhasil belajar siswa berada pada kategori baik dengan presentase sebesar 79,75%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa interaksi sosial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 24,80% ( rx1y 0,498 ; thitung 0,893 sig < 0,05). Motivasi belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 39,94% ( rx2y 0,632 ; thitung 5,926 sig < 0,05). Kebiasaan belajar berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 23,61% ( rx3y 0,486 ; thitung 0,680 sig < 0,05). Interaksi sosial, motivasi dan kebiasaan belajar berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap hasil belajar sisiwa dengan Fhitung 35,766 sig < 0,05. Hasilanalisis regresi ganda, diperoleh koefisienregresi ( R ) sebesar 0,641 dan diperoleh koefisiendeterminasi ( R2 ) sebesar 0,411. Sehingga  pengaruh interaksi sosial, motivaasi dan kebiasaan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa sebesar41,10% sedangkan 58,90% dipengaruhi oleh variable  lainya ngtidakditeliti. Persamaan regresi .

Kata kunci : interaksi sosial, motivasi, kebiasaan belajar, hasil belajar


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: