HUBUNGAN BIMBINGAN BELAJAR MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 PURWOREJO
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara bimbingan belajar mata pelajaran kewirausahaan dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 2 Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 2 Purworejo yang berjumlah 90 siswa, dengan menggunakan table Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% maka didapat sampel sebanyak 72 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dan analisis dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil deskriptif menunjukkan bahwa bimbingan belajar berada pada kategori cukup yaitu 58,33% sebanyak 42 siswa dan prestasi belajar berada pada kategori baik sebesar 47,22% sebanyak 34 siswa. Dari hasil analisis kuantitatif diperoleh koefesien korelasi (r) sebesar 0,516. Berdasarkan analisis kuantitaif menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara bimbingan belajar mata pelajaran kewirausahaan dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 2 Purworejo dengan koefisien determinasi (r2) sebesar 26,60%, dan sebesar 73,40% dipengaruhi oleh variabel lain yang idak diteliti.
Kata kunci : Kata kunci : Bimbingan belajar, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract: