DAMPAK KOMPETENSI GURU, FASILITAS BELAJAR SISWA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 8 PURWOREJO

Yasinta Ayu Kirana

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya : (1) dampak kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan siswa SMK Negeri 8 Purworejo, (2) dampak fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan siswa SMK Negeri 8 Purworejo, (3) dampak motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan siswa SMK Negeri 8 Purworejo, (4) dampak kompetensi guru, fasilitas belajar siswa dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan siswa SMK Negeri 8 Purworejo.Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 288 siswa diambil sampel 158 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumen dan metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif meliputi uji T dan uji F. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa kompetensi guru berada pada kategori tinggi dengan prosentase 64,55% sebanyak 102 siswa, sedangkan untuk fasilitas belajar siswa tergolong pada kategori tinggi dengan prosentase 43,67% sebanyak 69 siswa, sedangkan untuk motivasi belajar siswa tergolong pada kategori sangat tinggi dengan prosentase 86,07% sebanyak 136 siswa, sedangkan untuk hasil belajar siswa tergolong baik dengan prosentase 98,73% sebanyak 156 siswa.Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada dampak positif dan signifikan antara kompetensi guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan siswa SMK N 8 Purworejo sebesar 1,63%; thitung = 1,59; sig= 0,011; sig 0,011<0,05; r= 0,128; r2= 0,0163. Ada dampak positif dan signifikan antara fasilitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan siswa SMK N 8 Purworejo sebesar 2,72%; thitung = 2,07; sig= 0,040; sig 0,040 <0,05; r= 0,165; r2= 0,0272. Ada dampak positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan siswa SMK N 8 Purworejo sebesar 2,75%; thitung = 2,08; sig= 0,030; sig 0,030<0,05; r= 0,166; r2= 0,0275. Ada dampak positif dan signifikan antara kompetensi guru, fasilitas belajar siswa dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kewirausahaan siswa SMK N 8 Purworejo sebesar 16,40%; fhitung 10,09; sig= 0,00; sig 0,00<0,05; R= 0,405; R2= 0,164, sedangkan 83,60% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Y = 63,444 + 0,045 X1 + 0,053 X2 + 0,078 X3

Kata kunci : kompetensi guru, fasilitas belajar siswa, motivasi belajar siswa, hasil belajar siswa


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: