PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 40 PURWOREJO
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa baik secara sendiri maupun bersama-sama pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 40 Purworejo. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 170 siswa diambil sampel 114 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode analisis dokumen dan metode angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa disiplin belajar berada pada kategori tinggi (49,12%), dan untuk lingkungan belajar juga tergolong tinggi (48,25%), sedangkan untuk prestasi belajar berada pada kategori baik (83,33%). Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ; ada pengaruh positif dan signifikan antara disiplin dengan prestasi belajar ; (r= 0,525 ;thitung = 6,506; sig 0,00< 0,05) ; ada pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan dengan prestasi belajar (r= 0,393 ; thitung = 4,498;sig 0,00 < 0,05) ; ada pengaruh positif dan signifikan antara disiplin dan lingkungan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sebesar 43,40% (Fhitung sebesar 42,535; sig < 0,05)
Kata kunci : disiplin, lingkungan, prestasi
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract: