PENGARUH GANJARAN DAN HUKUMAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KEBUMEN

Sabda Maulidatul Khilwa

Abstract


ABSTRAK

Penelitianinibertujuanuntukmengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan antara ganjaran terhadap motivasibel ajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen. (2) ada tidak nya pengaruh positif dan signifikan antara hukuman terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen. (3)Ada tidaknya hubungan positif dan signifikan antara ganjaran dan hukuman terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen.Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 250 siswa diambil sampel 146 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa ganjaran berada pada kategori kurang baik sebesar 41,09%, hukuman beradap ada kategori kurang baik sebesar 39,04% dan motivasi belajar berada pada kategori kurang baik sebesar 41,78%. Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara ganjara ndengan motivasi belajar, (thitung12,035; sig. < 0,05). Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara hukuman dengan motivasi belajar, (thitung 5,578; sig. < 0,05). Ada pengaruh positif dan signifikan antara ganjaran dan hukuman  secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen denganFhitung 1455,264; sig. < 0,05.

Kata kunci : Ganjaran, Hukuman, Motivasi Belajar


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: