PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN SOSIAL EKONOMI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SMK BATIK PURWOREJO

Zahidi Zahidi

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh motivasi belajar dan sosial ekonomi keluarga terhadap kesiapan kerja siswa SMK Batik Purworejo, (2) Mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kesiapan kerja siswa SMK Batik Purworejo, (3) Mengetahui pengaruh sosial ekonomi keluarga terhadap kesiapan kerja siswa SMK Batik Purworejo, (4) Untuk mengetahui variabel mana yang dominan mempengaruhi kesiapan kerja siswa SMK Batik Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMK Batik Purworejo sebanyak 45 orang. Berdasarkan tabel Krecjie diperoleh sampel 40 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptip dengan menyajikan data berupa klasifikasi katagori tanggapan responden terhadap variabel kesiapan kerja, motivasi belajar dan sosial ekonomi keluarga. Penyajian dengan tabel dan diagram. Selain analisis kualitatif juga dianalisis kuantitatif dengan rumus regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis kuantitatif maka hasil pengujian hipotesis 1, hipotesis 2 dan hipotesis 3 dapat diambil kesimpulan bahwa motivasi belajar dan sosial ekonomi keluargabaik secara bersamaan maupun secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa SMK BatikPurworejo (Sig < 0,05). Hipotesis 4 tidak diterima karena ternyata koefisien regresi untuk variabel sosial ekonomi keluarga (0.556) lebih besar dari pada koefisien regresi variabel motivasi belajar (0.391). Dengan demikian hipotesis 1, 2, 3diterima, sedangkan hipotesis 4 ditolak.

 

Kata Kunci : Motivasi Belajar, Sosial Ekonomi Keluarga, Kesiapan Kerja.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: