PENGARUH KONSEP DIRI, PRESTASI BELAJAR, DAN KEADAAN EKONOMI KELUARGA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA SMA NEGERI I SAMPANG DI KABUPATEN CILACAP
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian, untuk mengetahui pengaruh konsep diri, prestasi belajar dan keadaan ekonomi keluarga terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 1 Sampang di Kabupaten Cilacap, baik secara parsial maupun stimulan. Hipotesis penelitian ini, ada pengaruh positif dan signifikan antara konsep diri, prestasi belajar dan keadaan ekonomi keluarga terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa SMA Negeri 1 Sampang di Kabupaten Cilacap, baik secara parsial maupun stimulan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Sampang di Kabupaten Cilacap sejumlah 733 siswa. Pengambilan sampel dengan metode random sampling dengan menggunakan rumus Bungin yang hasilnya sebesar 73 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan angket. Untuk uji validitas menggunakan product moment dan reliabilitas dengan Alpha Cronbach. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan perhitungan menggunakan SPSS 17 for Windows . Ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel konsep diri dengan minat, analisis korelasi diperoleh koefisien (r) = 0,943, uji t = 23,505 sig 0,000 < 0,05 dan koefisien determinasi (r2) = 0,889. Ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel prestasi belajar dengan minat, koefisien (r) sebesar 0,260, uji t = 2,236 sig 0,009 < 0,05 dan koefisien determinasi (r2) = 0,0676. Ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel keadaan ekonomi keluarga dengan minat, koefisien (r) sebesar 0,227, uji t = 1,939 sig 0,007 < 0,05 dan koefisien determinasi (r2) = 0,0515. Analisis regresi ganda diperoleh koefisien regresi (R) = 0,949, (R2) = 0,901. Berarti minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dipengaruhi oleh faktor konsep diri, prestasi belajar dan keadaan ekonomi keluarga sebesar 90,01%. Melalui persamaan regresi Y = 0,529 + 0,576X 1+0, 122X2+0,198X3 dan sisanya 9,99% dipengaruhi variabel lainyang tidak diteliti.
Kata kunci : konsep diri, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract: