PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN DAN SIKAP BELAJAR TERHADAP PRESTASI SISWA SMP NEGERI 4 KEBUMEN

Burhanudin Rahmat

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPS pada kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen, (2) mengetahui pengaruh antara lingkungan belajar dengan prestasi belajar IPS pada kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen, (3) mengetahui pengaruh antara sikap belajar dengan prestasi belajar IPS pada kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen, (4) mengetahui pengaruh secara bersama-sama antara motivasi lingkungan dan sikapbelajar terhadap prestasi belajar pada kelas VIII SMP Negeri 4 Kebumen. Populasi dalam penelitian ini sebesar 120 siswa, berdasar tabel penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan 5% adalah 89. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuisioner dan dokumentasi. Untuk menganalisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Berdasarkan anailisis kuantitatif menunjukan bahwa variabel motivasi belajar secara positif dan signifikan mempengaruhi prestasi belajar siswa dengan signifikan 0,009 < 0,05. Ada pengaruh yang positif bdan signifikan dari variiabel lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan signifikan 0,017 < 0,05. Ada pengaruh yang positif dan signifikan dari variiabel sikap belajar terhadap prestasi belajar siswa dengan signifikan 0,020 < 0,05. Hasil analisis regresi ganda diperoleh koefisien regresi(R) sebesar 0,780 (F = 43,898 : sig 0,000 < 0,05) berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi, lingkungan dan sikap belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,608. Sehingga besarnya sumbangan variabel motivasi, lingkungan dan sikap belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 60,8% dan 39,2% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y = 49,086 + 0,467X1 + 0,429X2 + 0,441X3 dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.

Kata Kunci: Motivasi, Lingkungan Sikap Belajar, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: