PENGARUH PEMBERIAN TUGAS, METODE PEMBELAJARAN DAN KINERJA GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA MAN BANTUL
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara Pemberian tugas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa MAN bantul,(2) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas terhadap prestasi belajar ekonomi siswa MAN Banntul, (3) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara kinerja guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa MAN Bantul,(4)ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara sikap belajar,fasilitas dan kinerja guru secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ekonomi siswa MAN Bantul.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Bantul Tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 75 siswa.Sampel penelitian ini berjumlah 75 siswa ditentukan berdasarkan table Krejicie dengan taraf kesalahan 5%.Teknik pengambilan sampel dengan menggunakn teknik random sampling atau sampel acak. Pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan analisis dokumen, dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa Pemberian tugas berada pada kategori baik yaitu 42,7%, Fasilitas pada kategori baik yaitu 45,3%,kinerja guru pada kategori cukup baik yaitu 49,3%dan prestasi belajar ekonomi pada kategori cukup baik yaitu 56%.Dari hasil analisis kuantitatif menunjukkaan bahwa (1)variable pemberian tugas pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi thitung 2,753;sig.0,007<0,05 dan pengaruh sebesar 9,6%,(2)Variebel Fasilitas memberikan pengaruh yang positf dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi thitung 2,669;sig.0,009<0,05 dan besar pengaruh sebesar 9,1%,(3)Variabel kinerja guru memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi thitung 2,559;sig 0,013 <0,05dan besar pengaruh sebesar 8,4%(4)variable pemberian tugas ,fasilitas dan kinerja guru secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi ,(R) sebesar 0,649(F=6,689;sig.0,000<0,05)adjusted R square sebesar 0,187yang berarti bahwa pengaruh pembverian tugas fasilitas dan kinerja guru secara bersama –sama terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 18,7%dan sisanya 81,3%dipengaruhi variable lain yang tidak diteliti .Persamaan regresi Y=93,959+0,029 X₁+0,266 X²+0,265X³
Kata Kunci: Pemberian Tugas,Pembelajaran Kinerja Guru,Prestasi
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract: