PENGARUH PENGGUNAAN BUKU LKS DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG

Agus Suratno

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) apakah ada pengaruh penggunaan buku LKS dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Gombong Tahun 2012? 2) Berapa besar pengaruh penggunaan buku LKS dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Gombong tahun 2012? Sedangkan hipotesis dalam penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh penggunaan buku LKS dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Gombong tahun 2012. 2) Buku LKS memberikan sumbangan yang berarti terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Gombong tahun 2012.

Populasi dalam penelitian ini sejumlah 300 anggota, berdasarkan tabel Isaac dan Michael penentuan jumlah sampel dari populasi tertentu dengan taraf kesalahan 5% maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 161 anggota. Berdasarkan uji validitas variabel penggunaan LKS dalam pembelajaran terdapat 10 butir soal yang valid dan tidak ada soal yang gugur. Berdasarkan uji realibilitas variabel penggunaan LKS dalam pembelajaran IPS mempunyai nilai alpha 0,845. Ini berarti variable Penggunaan LKS dalam pembelajaran IPS dinyatakan andal dan dapat dipercaya, karena memiliki koefisien Alpha >0,7. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Sedangkan metode analisis data untuk mengetahui variabel bebas terhadap variabel terikat adalah dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif regresi dengan rumus sederhana. Semua perhitungan analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 17.0 for Windows. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan LKS dalam pembelajaran IPS tergolong cukup karena frekuensi terbanyak terdapat pada skor 26-33 sebesar 76% dan variabel prestasi belajar siswa berada pada kategori kurang frekuensi terbanyak terdapat pada skor 75 sebesar 75%. Hasil analisis diperoleh harga koefisien sebesar 0,158 dengan sig ≤ 0,045 (0,000) sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan 1) Ada pengaruh penggunaan buku LKS dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Gombong  tahun 2012 diterima. Buku LKS memberikan sumbangan yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah Gombong tahun 2012 sebesar 25%.

 

Kata kunci : Penggunaan LKS dalam pembelajaran IPS, prestasi belajar


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.