PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI TIPE KEPEMIMPINAN KELUARGA OTORITER DENGAN TIPE KEPEMIMPINAN KELUARGA DEMOKRATIS PADA SISWA SMK N 8 PURWOREJO.

Agtamy Kartika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa antara tipe kepemimpinan keluarga otoriter dengan tipe kepemimpinan keluarga demokratis pada siswa SMK  N 8 Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah 103 siswa, dan menurut tabel penentuan jumlah sampel dari populasi 103 siswa dengan taraf kesalahan 5% (tabel krejcie), maka sampel yang diambil 78 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji t.Hasil ini dibuktikan dengan melihat perbandingan  skor jawaban, yang memperoleh 29 siswa dari tipe kempemimpinan keluarga otoriter dan 49 siswa dari tipe kepemimpinan demokratis, perbedaan juga terdapat pada hasil belajar, dimana untuk tipe kepemimpinan otoriter diperoleh rata-rata hasil belajar 73, dan demokratis 76. Sedangkan hasil uji t diperoleh t hitung = 8,559 dan nilai t tabel  dengan taraf kesalahan 5 % adalah 1,991. Dengan demikian hipotesis yang diajukan yaitu ada perbedaan hasil belajar siswa antara tipe kepemimpinan keluarga otoriter dan tipe kepemimpinan keluarga demokratis diterima. Tipe kepemimpinan keluarga demokratis hasil belajarnya lebih baik dibandingkan dengan tipe kepemimpinan keluarga otoriter.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Kepemimpinan,  Keluarga.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: