KONTRIBUSI LINGKUNGAN DALAM MENGHASILKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMK TAMTAMA KEBUMEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar siswa di SMK Tamtama Kebumen; (2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa di SMK Tamtama Kebumen; (3) pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa di SMK Tamtama Kebumen; (4) pengaruh lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar siswa di SMK Tamtama Kebumen. Populasi dalam penelitian ini sebesar 103 siswa, dengan menggunakan tabel Krecjie maka sampel yang diambil sebanyak 80 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner (angket). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptip dan analisis kuantitatif (regresi linear sederhana)Berdasarkan hasil analisis kuantitatif, (1) Lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMK Tamtama Kebumen; (2) Lingkungan keluarga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMK Tamtama Kebumen; (3) Lingkungan sekolah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMK Tamtama Kebumen; (4) Lingkungan masyarakat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMK Tamtama Kebumen.
Kata Kunci : Lingkungan Belajar, Prestasi Belajar
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract: