PENGARUH MARKETIG MIX TERHADAP VOLUME PENJUALAN DI HOME INDUSTRI PECI DESA BADUNG DARUSSALAM KECAMATAN KEBUMEN
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) ada tidaknya pengaruh positif antara produk terhadap volume penjualan,(2) ada tidaknya pengaruh positif antara harga terhadap volume penjualan, (3) ada tidaknya pengaruh positif antara saluran distribusi terhadap volume penjualan, (4) ada tidaknya pengaruh positif antara promosi terhadap volume penjualan,(5) ada tidaknya pengaruh positif dan antara produk, harga, saluran distribusi, dan promosi terhadap volume penjualan di home industri peci desa Bandung Darussalam Kecamatan Kebumen. Populasi dalam penelitian ini adalah 20 orang pekerja peci, dengan menggunakan tabel penentuan jumlah sampel Isac dan Michael dengan taraf signifikan 5% maka sampel sebanyak 19 orang pekerja peci. Metode yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa produk pada kategori tinggi sebesar 63,5%, harga pada kategori tinggi sebesar 25,5%, saluran distribusi pada kategori tinggi sebesar 49,9%, dan promosi pada kategori tinggi sebesar 49,8%. Dari hasil analisis kuantitatif menunjukan bahwa variabel produk memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan sebesar 0,797 dengan sig = 0,000. Variabel harga memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan sebesar 0,505 dengan sig 0,046. Variabel saluran distribusi memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan sebesar 0,707 dengan sig 0,002. Variabel promosi memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan sebesar 0,706 dengan sig 0,002. Variabel produk, harga, saluran distribusi, dan promosi secara bersama- sama memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan F 27,668 dengan sig. 0,000<0,05 dan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,888.Persamaan regresi ganda Y = 4,607+ 0,471+ 0,187+ 0,383+ 0,398
Kata Kunci : Produk, Harga, Saluran Distribusi, Promosi, dan Volume Penjualan
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract: