PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA SMPN 3 WONOSOBO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: “mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan motivasi belajar baik secara sendiri-sendiri ataupun bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 3 Wonosobo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 3 Wonosobo yang berjumlah 180 siswa, dengan menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% maka diperoleh sampel 119 siswa dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil analisis regresi disimpulkan bahwa (1) adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar terhadap prestasi belajar IPS (r = 0,184, thitung = 2,014 > ttabel =1,980, sig 0,046). (2) adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS (r = 0,227, thitung = 2,513 > ttabel =1,980, sig 0,013). (3) adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS (R = 0,293, F = 5,439 > Ftabel = 3,07, sig 0,006)
Kata Kunci: Lingkungan, Motivasi, Prestasi BelajarFull Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract: