PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN SISWA YANG BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI BERBANTUAN MULTIMEDIA DENGAN SISWA YANG BELAJAR MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DI SMK ADIPURA MAGELANG KELAS XI

Dwi Sudarti

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara prestasi belajar siswa yang menggunakan model inkuiri berbantuan multimedia dengan model konvensional dalam mata pelajaran Kewirausahaan. Penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan populasi adalah siswa kelas XI SMK Adipura Magelang. Data diperoleh dari dua kelompok, yakni kelompok kontrol dan kelompok treatment yang masing-masing berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pre- dan post-test dalam dua siklus, sedangkan instrumen yang digunakan adalah soal yang terdiri atas 10 item. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen dan data pada penelitian ini dinyatakan valid, tingkat kesukaran sedang, daya pembeda cukup, reliabel, sebaran data normal dan homogen. Persentase peningkatan nilai siswa pada Kelompok Eksperimen sebesar 40,45% lebih besar dibanding pada Kelompok Kontrol yang hanya sebesar 4,76%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kewirausahaan yang signifikan antara siswa yang belajarnya menggunakan model Inkuiri berbantuan Multimedia dengan siswa yang belajarnya menggunakan model Konvensional di SMK Adipura Magelang Kelas XI.

 

Kata Kunci : Inkuiri, Multimedia, Metode Konvensional, Hasil Belajar


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: