UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI COOPERATIVE LEARNING JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 1 PURING KABUPATEN KEBUMEN

Sari Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keaktifan serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP N 1 Puring dengan menggunakan metode cooperative  learning  jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus, adapun kegiatannya yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil pengamatan menyimpulkan bahwa melalui cooperative learning jigsaw dapat meningkatkan keaktifan serta hasil belajar siswa. Data awal menunjukan jumlah persentase keaktifan belajar siswa sebelum diadakan penelitian sebesar 60,00%, jumlah tersebut dinilai belum memenuhi indikator keberhasilan. Pada siklus I, persentase keaktifan siswa meningkat menjadi 73,125%, dan pada siklus II meningkat menjadi 93,125%. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, data yang diperoleh menunjukan rata-rata hasil belajar siswa sebelum diadakan penelitian adalah 73,25 dengan ketuntasan belajar sebesar 59,375%. Pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yakni: pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 76,56 dengan ketuntasan belajar sebesar 71,875%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 85,94 dengan ketuntasan belajar sebesar 87,50%.

Kata Kunci: Keaktifan, Cooperative Learning, Jigsaw


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: