PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RITA PASARAYA WONOSOBO

Adhina Nugraheni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : “mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara bauran promosi secara bersama-sama dan sendiri-sendiri terhadap keputusan pembelian. Populasi  dalam  penelitian  ini adalah konsumen RITA Pasaraya Wonosobo yang berjumlah 700 konsumen per hari, dengan menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 10% maka diperoleh sampel 195 konsumen dengan menggunakan accidental sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan  analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa: variabel periklanan tergolong pada kategori cukup sebesar 68,72%, variabel promosi penjualan tergolong pada kategori cukup sebesar 62,56%, variabel hubungan masyarakat tergolong pada kategori cukup sebesar 78,46%, variabel penjualan perorangan tergolong pada kategori cukup dengan presentase sebesar 65,13%., variabel keputusan pembelian tergolong pada kategori cukup sebesar 64,62%. Dari analisis kuantitatif menunjukkan bahwa  (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara bauran promosi secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. (R sebesar 0,566 harga Fhitung lebih besar dari Ftabel (22,427 > 1,974) dengan sig 0,000. (2) ada pengaruh positif dan signifikan periklanan terhadap keputusan pembelian. r  sebesar 0,125 dan thitung lebih besar dari ttabel (1,732 > 1,645) dengan sig 0,085  (3) ada pengaruh positif  dan signifikan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian. r sebesar  0,416 dan thitung lebih besar dari ttabel (6,302 > 1,645) dengan sig 0,000. (4) tidak ada pengaruh positif  dan signifikan hubungan masyarakat terhadap keputusan pembelian. r sebesar -0,024 dan thitung lebih kecil dari ttabel (-0,744 < 1,645) dengan sig 0,744. (5) ada pengaruh positif  dan signifikan penjualan perorangan terhadap keputusan pembelian. r sebesar 0,259 dan thitung lebih besar dari ttabel (3,704 > 1,645) dengan sig 0,000.

Kata Kunci: Bauran Promosi, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: