Hubungan antara Kecerdasan Emosi dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri Buluspesantren Tahun Pelajaran 2008/2009

Rr. Dita Octaviani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosidengan prestasi belajar matematika dan 2) besar keefektifan kecerdasan emosi untuk meramalkan prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri I Buluspesantren Tahun Pelajaran 2008/2009. Penelitian dilaksanakan bulan  Maret sampai Agustus 2009. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII SMP  Negeri I Buluspesantren sebanyak 279 siswa. Pengambilan sampel 239 siswa menggunakan purposive sampling. Data diperoleh dengan metode tes dan angket. Instrumen penelitian berupa angket tentang kecerdasan emosi yang terdiridari 25 soal. Analisis data menggunakan uji regresi. Pengujian normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal. Pengujian homogenitas menunjukkan bahwa data tersebut homogen.Dari analisis data diperoleh keefektifan garis regresi sebesar 78% dan koefisien korelasi sebesar 0,66 termasuk dalam kategori cukup.

Kata Kunci: kecerdasan emosi, prestasi belajar matematika


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.