Tinjauan Motivasi Berprestasi pada Mata Kuliah Geometri Analitika I Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun 2008/2009

Mujiyem Sapti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi berprestasi
mahasiswa peserta perkuliahan Geometri Analitika I dari sisi pemilihan tempat duduk, target, keyakinan, pencapaian, serta motivasi belajar. Penelitian dilaksanakan selama 5 bulan dari September 2008 sampai Januari 2009. Populasi penelitian ini mahasiswa semester III Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo sejumlah 317 mahasiswa. Sampel penelitian 80 mahasiswa diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan, kuesioner, dan tes UAS. Analisis data menggunakan teknik desriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemilihan tempat duduk oleh mahasiswa tidak berkaitan langsung dengan tingkat kemampuan mahasiswa dalam hal ini nilai. Sebagian besar mahasiswa membuat target yang tinggi yaitu 75% menentukan target nilai A dan 25% menentukan target nilai B. Target tersebut sebagian tidak diikuti oleh keyakinan mahasiswa tentang ketercapaiannya yaitu 40% mahasiswa merasa yakin memperoleh nilai A dan 57,5%mahasiswa merasa yakin mendapat nilai B dan 2,5% mahasiswa merasa yakin mendapat nilai C.
Baru 11, 5% mahasiswa yang memiliki kesesuaian antara target, keyakinan, dan pencapaian nilai.Motivasi belajar mahasiswa cukup tinggi tetapi tidak ada kesesuaian antara tingginya motivasi belajar dengan perolehan nilai.

Kata Kunci: Geometri , motivasi, posisi tempat duduk


Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.