PENGARUH KEMAMPUAN MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN TEORI PERMESINAN TERHADAP PRESTASI PRAKTEK CNC SISWA KELAS II JURUSAN TEKNIK PERMESINAN SMK MUHAMMADIYAH I SALAM

Bambang Sudarsono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui hubungan kemampuan Matematika dan kemampuan Teori Pemesinan terhadap prestasi praktek CNC siswa kelas II jurusan Teknik Pemesinan SMK Muhammadiyah I Salam. Jenis penelitian ini berdasarkan tingkat eksplanasinya termasuk penelitian asosiatif, sedangkan berdasarkan aspek metode yang digunakan termasuk penelitian expost facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas II Jurusan Teknik Permesinan SMK Muhammadiyah I Salam sebanyak 43 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan angket berupa tes dengan skala Guttman, untuk variabel kemampuan Matematika dan variabel kemampuan Teori Pemesinan, sedangkan untuk variabel prestasi praktek CNC menggunakan metode dokumentasi dengan mengambil data nilai semester IV siswa pada mata pelajaran praktek CNC. Metode pengolahan data menggunakan korelasi Product Moment dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan Teori Pemesinan dan prestasi praktek CNC siswa dengan korelasi 0,743, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan Matematika dengan prestasi praktek CNC siswa dengan korelasi  0,372, (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan Teori Pemesinan dan kemampuan Matematika terhadap prestasi praktek CNC siswa dengan korelasi sebesar 0,772, sumbangan efektif kemampuan Teori Pemesinan  terhadap prestasi praktek CNC siswa adalah sebesar 52,53%, (5) sumbangan efektif kemampuan Matematika terhadap prestasi praktek CNC siswa sebesar 7,97%.


Kata Kunci: Kemampuan Matematika, Kemampuan Teori Permesinan, Prestasi Praktek CNC


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.