PENERAPAN TEORI BELAJAR MENGAJAR BRUNER PADA PROSES PEMBELAJARAN LIMIT FUNGSI
Abstract
Proses pembelajaran "limit fungsi" di perguruan tinggi pada umumnya disajikan dengan cara ekspositori atau ceramah. makalah ini mengusulkan suatu sttrategi pembelajaran melalui penerapan teori belajar mengajar Bruner. teori belajar ini mengikuti aliran psikologi kognitif atau kontruktivisme. proses pembelajaran dilakukan mulai dari hal-hal sederhana yaitu objek-objek kongkrit menuju abstrak.
Pokok bahasan limit fungsi sudah pernah dipelajari mahasiswa pada waktu belajar di SMA. Oleh karena itu, pelaksanaan pembelajaran ini menggunakan pendekatan spiral. Melalui proses pembelajaran ini mahasiswa diharapkan dapat menemukan (to discover) dan mengkruntuksi sendiiri konsep dasar limit fungsi sehingga mereka dapat mendefinisikan, memahami, mengkomunikasikan, dan memecahkan masalah. konsep yang dikonstruksi diharapkan dapat diingat dalam waktu yang lama. melalui proses pembelajaran inidiharapkan kualitas dan kemampuan penalaran mahasiswa semakin meningkat.
Kata kunci: Bruner, pendekatan spiral. ekspositori, konstruktivisme, psikologi kognitif.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.