PENINGKATAN HASIL BELAJAR FAKTORISASI SUKU ALJABAR MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN BLOK ALJABAR SISWA KELAS VIII C SEMESTER 1 SMP NEGERI 3 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Teguh Widodo

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui apakah pembelajaran koo-peratif dengan blok aljabar dapat meningkatkan hasil  belajar faktorisasi suku aljabar  siswa kelas VIII-C semester 1 SMP Negeri 3 Purworejo tahun pelajaran 2010/2011.

Penelitian dilaksanakan dari bulan Mei sampai September 2010 di SMP Negeri 3 Purworejo. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Purworejo tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 24 anak. Aspek yang diukur adalah hasil belajar faktorisasi suku aljabar.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tinda-kan, pengamatan, dan refleksi. Setiap siklus menggunakan pembelajaran kooperatif dengan blok aljabar.

Hasil penelitian menunjukkan kenaikan rerata dari kondisi awal terhadap siklus 1, siklus 1 terhadap siklus 2, maupun kondisi awal terhadap siklus 2. Rerata hasil belajar dari kondisi awal, siklus 1, dan siklus 2 berturut-turut:  81, 88, 89. Prosentase tuntas belajar menunjukkan kenaikan baik dari kondisi awal terhadap siklus 1, siklus 1 terhadap siklus 2, maupun kondisi awal terhadap siklus 2. Prosentase ketuntasan dari kondisi awal, siklus 1, dan siklus 2 berturut-turut: 70,83%, 87,50%, dan 91,67%.

Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, Blok Aljabar


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.