PENERAPAN DALIL TEORI BRUNER DALAM PENGAJARAN GRAFIK PERSAMAAN GARIS LURUS (DALIL KONSTRUKSI DAN DALIL KEKONTRASAN DAN KERAGAMAN

Supriyono -

Abstract


Abstrak

 

Salah satu kemampuan transferable yang dapat dicapai pendidikan melalui pelajaran matematika adalah kemampuan berpikir antara lain melakukan analisis, sistesis, dan mengkonstruksikan suatu model. Meng-konstruksikan suatu model merupakan salah satu usaha untuk menuju pada kemampuan transferable. Guna mengembangkan kemampuan trans-ferable tersebut, dalam tulisan ini disajikan dalil konstruksi dan dalil kekontrasan dan keanekaragaman yang diaplikasikan dalam pengajaran grafik persamaan garis lurus.

Dalil konstruksi dan dalil kekontrasan dan keragaman punya kesamaan, yakni kedua dalil tersebut cenderung untuk memulai suatu pengajaran berawal dari bentuk (benda) konkrit, selanjutnya menuju pada bentuk abstrak. Dalil konstruksi memberikan kebebasan untuk menyusun sendiri gagasan-gagasan yang biasanya disesuaikan dengan struktur kognitif masing-masing siswa, dan disarankan dalam menyusun gagasan-gagasan tersebut aktivitas-aktivitas dapat menggunakan benda-benda konkrit. Dalil kekontrasan dan keanekaragaman dalam aplikasi-nya seiring, artinya bila suatu konsep dikontraskan dengan konsep yang lain, beberapa konsep tersebut diharapkan bervariasi.

Kata Kunci: dalil teori Bruner,garis lurus


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.