PENGARUH MODEL JIGSAW TERHADAP PRESTASI GEOMETRI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh
yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran kooperatif
jigsaw dengan model konvensional terhadap prestasi geometri, (2) ada
tidaknya pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar siswa terhadap
prestasi geometri, (3) ada tidaknya pengaruh interaksi yang signifikan antara model jigsaw dan motivasi belajar terhadap prestasi geometri.
Populasi penelitian ini sebanyak 320 siswa dengan cara proporsional
random sampling diambil 160 siswa sebagai sampel, dengan 80 siswa
sebagai kelas eksperimen dan 80 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data dengan metode tes untuk geometri dan angket untuk
instrumen motivasi. Sebelum tes dan angket diuji validitas dan reliabilitas
dengan produck moment dan rumus alpha. Pengujian hipotesis dengan
menggunakan anava dua jalan dengan frekuensi tak sama. Sebelumnya
dilakukan uji prasyarat analisis uji keseimbangan, uji normali tes, uji
homogenitas, dan uji independensi. Dari hasil uji hipotesis disimpulkan (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model Jigsaw terhadap prestasi geometri Fhitung = 13,911 > Ftabel = 3,84, P < 0,05; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi geometri Fhit = 167,14 > Ftabel = 3,00, P < 0,05; (3) tidak terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model Jigsaw dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar geometri, Fhitung = 1, 123 < Ftabel= 3,00, P > 0,05.
Kata Kunci: model jigsaw, geometri, motivasi
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.