PENGARUH PEMBERIAN SARI KUNYIT (Curcuma domestica Val.) DALAM AIR MINUM TERHADAP JUMLAH TELUR CACING Ascaridia galli PADA AYAM BROILER

Herawati Herawati, Djoko Winarso

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pemberian sari kunyit (Curcuma domestic Val.) dalam air minum terhadap jumlah telur cacing Ascaridia galli pada ayam broiler.  Pengambilan feses ayam dilakukan setiap minggu, mulai minggu kedua yaitu umur 14 hari sampai minggu kelima atau umur 35 hari. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh pemberian sari kunyit (Curcuma domestica Val.) dalam air minum terhadap jumalh telur cacing Ascaridia galli pada ayam broiler dapat diketahui melalui pengambilan feses yang dilakukan pada umur 35 hari. Data analisis variansi menunjukkan bahwa pada pengambilan feses yang dilakukan pada umur 14 hari diperoleh hasil F hitung lebih kecil dari F tabel 5% (F hit < F tab 5%).

Perbandingan antara semua perlakuan yang diberikan pada ayam broiler dengan kontrol adalah tidak signifikan. Analisis variansi pada pengambilan feses yang dilakukan pada umur 21 hari sampai pengambilan feses yang dilakukan pada umur 35 hari diperoleh hasil yang sama yaitu antara kontrol (T0) dengan ayam broiler yang diberi perlakuan dengan sari kunyit level tertentu terdapat perbedaan yang sangat nyata (P<0.01), F tabel 1% lebih kecil dari F hitung (F tab 1% < F hit).

Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa pemberian sari kunyit dalam air minum mempunyai pengaruh yang sangat nyata terhadap jumlah telur cacing Ascaridia galli pada ayam broiler. Sari kunyit dapat menurunkan jumlah telur cacing Ascaridia galli pada ayam broiler. Pemberian sari kunyit pada level 30 gram/500 ml (T3) mempunyai efek yang sama dengan pemberian sari kunyit pada level 10 gram/500 ml (T1). Untuk itu, pemberian sari kunyit disarankan pada level 10 gr/500 ml karena selain dapat menghemat biaya juga pemberian pada level tersebut sudah mampu menurunkan jumlah telur cacing Ascaridia galli.

 

Kata kunci: sari kunyit, level pemberian, telur cacing Ascaridia galli


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.