PENDEKATAN ALGORITMA APRIORI PADA DATA MINING UNTUK MENEMUKAN POLA BELANJA KONSUMEN

Wahju Tjahjo Saputro, Ike Yunia Pasa

Abstract


Data mining sering digunakan dalam penelitian terkait pola dan pengetahuan tentang sebuah informasi yang tersimpan dalam database skala besar. Saat ini banyak perusahaan atau badan usaha yang memiliki data dalam jumlah jutaan yang tersimpan dalam database. Database skala besar tersebut hanya digunakan untuk menghasilkan informasi yang bersifat tabular untuk kebutuhan rutinitas manajer. Sehingga dapat dikatakan kaya data namun miskin informasi.

Dalam data mining terdapat salah satu metode asosiasi yang mampu menghasilkan pola dan pengetahuan tertentu terhadap data yang memiliki asosiasi antara dua itemset, Sehingga memiliki sifat if-then. Algoritma yang digunakan untuk menghasilkan association rule yaitu apriori.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa algoritma apriori dapat berjalan dengan baik untuk menghasilkan pola terhadap data transaksi penjualan. Dari hasil pengujian muncul frekuensi transaksi {2,3} Þ {28} memiliki support 10.5% dan confidence 66.6% serta {7,8} Þ {22} suppport 10.5% dan confidence 66.6%. kedua rule tersebut mempunyai frekuensi sering muncul cukup tinggi dengan F ³ 2.

Kata kunci: Data Mining, Apriori, Association Rule, Database Penjualan


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.