EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA PECAHAN MELIHAT KEMAMPUAN AWAL SISWA KELAS IV
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) korelasi antara kemampuan awal dengan prestasi belajar matematika; (2) prestasi belajar matematika siswa kelas IV pada materi pecahan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah 4 SD se‐Gugus Urip Sumoharjo 2 dan diambil 2 kelas sebagai sampel dengan menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengambilan data menggunakan: (1) dokumentasi untuk mengambil nilai UAS semester 1 mata pelajaran matematika; (2) tes yang terdiri dari pretest dan postest. Instumen pengumpulan data menggunakan pretest dan postest yang masing‐masing telah memenuhi validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan dengan menggunakan uji korelasi dan uji anakova. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan: (1) berdasarkan hasil uji korelasi didapatkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,73 > 0,6 sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan awal siswa memiliki korelasi dengan prestasi belajar matematika; (2) berdasarkan hasil uji anakova didapatkan hasil Fobs = 6,26 > Ftabel = 4,17 sehingga dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar matematika siswa kelas IV pada materi pecahan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: picture and picture, kemampuan awal, pecahan, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i2.995
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.