EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STAD DENGAN DEMONSTRASI GEOGEBRA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: (1) model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan Demonstrasi GeoGebra menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional; (2) motivasi belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada siswa yang mempunyai motivasi belajar sedang dan rendah; (3) ada interaksi antara model pembelajaran yang digunakan dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes prestasi belajar kelas eksperimen adalah 73.10 dan kelas kontrol adalah 69.11. Berdasarkan hasil uji hipotesis anava dua jalan dengan sel tak sama disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan Demonstrasi GeoGebra menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada model pembelajaran konvensional, (2) motivasi belajar tinggi menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik dari pada siswa yang mempunyai motivasi belajar sedang dan rendah, (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran yang digunakan dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa.
Kata kunci: prestasi belajar, STAD, demonstrasi GeoGebra, motivasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i2.991
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.id , Telp: 0275-321494
Indexed Abstract:

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.