EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Ngusman, Supriyono, Riawan Yudi Purwoko

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa kelas X MAN Kutowinangun tahun pelajaran 2012/2013 pada materi logika matematika yang menggunakan pembelajaran model kooperatif tipe Make a Match lebih baik daripada prestasi belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data menggunakan tes prestasi belajar. Uji hipotesis menggunakan uji t dengan α = 0,05 menunjukan tobs sebesar 3,7295 lebih besar dari ttabel sebesar 1,645 sehingga H0 ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match memberikan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi logika matematika.

 

Kata kunci: prestasi belajar,  Make a Match, logika matematika

 


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v7i2.989

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Publisher: Department of Mathematics Education, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail:matematika@umpwr.ac.i , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract:


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.